Diary Renungan, Janganlah Mempersulit Diri


DiaryMahasiswa | Hallo SDM (Sahabat Diary Mahasiswa). Permasalahan yang terjadi dalam hidup kita, baik besar ataupun kecil itu merupakan hasil dari apa yang telah kita lakukan sendiri. Kita lebih banyak merasakan penderitaan sebagai akibat dari perbuatan yang kita lakukan sendiri, kekhawatiran dan kepanikan kita sendiri.

Semua itulah yang membuat kita menjadi merasa tertekan, bahkan terbebani. Padahal jika kita sikapi dengan kepala dingin, pikiran jernih serta hati yang lapang, kita tidak akan merasa kerepotan menghadapi segala kenyataan yang terjadi pada hidup kita.

Sebagai contoh misalnya, Budi merasakan sakit kepala. Kemudian dia memutuskan untuk memeriksakan dirinya ke dokter. Sebelum berangkat, dia bercerita pada sahabatnya tentang apa yang sedang dirasakannya itu. Dia sampaikan segala kekhawatirannya. Jika seandainya yang dia derita adalah penyakit kanker otak.

Maka dia akan menghadapi resiko pengobatan dan perawatan yang tidak sederhana dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Bahkan, dia pun menceritakan kegelisahannya seandainya ternyata dia harus mengalami kanker otak dan menjalani cuci darah, dan seterusnya, dan sebagainya.

Apa yang akan terjadi?

Semakin kita menceritakan ketakutan dan kekhawatiran apa yang dirasakan oleh Budi tadi, maka semakin terbebanilah dia, semakin stres juga. Beban yang datang disebabkan ketakutan-ketakutan yang dia hadirkan sendiri dari perkiraan atau dugaannya sendiri.

Padahal dia sama sekali belum menjalani pemeriksaan kesehatan oleh dokter. Hal seperti inilah yang banyak terjadi pada diri manusia, yang kemudian menimbulkan penderitaan jiwa di dalam diri mereka sendiri.

Maka, kendalikanlah diri sebisa mungkin agar terhindar dari sikap mendramatisir masalah yang sedang terjadi. Janganlah larut di dalam jebakan-jebakan sikap yang mempersulit diri kita sendiri. Karena sikap-sikap seperti itulah yang akan semakin memperbesar kesulitan dan penderitaan di dalam diri.
andi nugraha
Founder @DiaryMahasiswa Mau bikin kaos satuan dengan desain suka-suka? @DiaryKaos bisa. Mau explore Jogja, @DiaryTripID solusinya.

Related Posts

6 comments

  1. Sebetulnya ketakutan itu lahir dari diri sendiri. Bukan, begitu?

    Nice, hehe

    ReplyDelete
  2. Huaaa tulisan ini bener banget, pernah denger juga kalo setiap masalah yang kita timbulkan ya karna sikap kita sendiri.

    Tapi namanya manusia terkang tempatnya lupa, astaghfirullah :(

    ReplyDelete
  3. Manusia itu unik ya, takut dan khawatir padahal yang belum pasti dan senang mendramatisir keadaan yang sebenarnya belum tahu jelas akar masalahnya
    kadang sampai lupa mensyukuri nikmat yang sudah ia nikmati
    mengutuk keadaan padahal keadaan hasil perbuatannya sendiri

    ReplyDelete
  4. Memanej pola pikir sendiri untuk hal positif kadang memang terasa sulit ya, banyakan orang lebih didominasi pikirannya sendiri untuk cemas berlebihan .. padahal mungkin kenyataannya tidaklah seberat yang ada dipikirannya.
    Jadi, pola pikir seperti itu jelas merugikan diri sendiri.

    ReplyDelete
  5. Sieun abdi mah mun carita2 ka sasaha..jadi rahasia sendiri ajalah atau sama sahabat terdekat kalo ada apa2. Mempersulit diri kalau diem aja mah jadi beban 😊

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca diary Andi Nugraha kali ini. Jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya. Komentar dari sahabat diary mahasiswa merupakan sebuah apresiasi besar untuk penulis :)

Subscribe Our Newsletter